Memanfaatkan momentun hari kesehatan gigi nasional, sebuah produsen pasta gigi menggandeng beberapa universitas ternama dengan mengadakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional. Terhitung 20 kampus yang memiliki Fakultas Kedokteran Gigi bekerjasama dalam kegiatan ini, tersebar hampir di seluruh Indonesia. Tidak tanggung-tanggung produsen pasta gigi ini memberikan pemeriksaan maupun perawatan gigi gratis, melakukan praktek menyikat gigi yang baik di banyak sekolah dasar, membagikan pasta gigi, kaos, ataupun sikat gigi secara gratis pula. Sebuah tekhnik marketing yang sangat hebat, halus tapi kena.

Hasilnya adalah tiap kali kita berpikir tentang pasta gigi ataupun menyikat gigi, pikiran kita akan langsung mengarah ke pasta gigi dengan kemasan warna putih dan merah. Meski banyak pilihan pasta gigi lainnya, kita akan lebih cenderung mencari pasta gigi tersebut. Tekhnik marketing ini yang saya maksud sebagai tekhnik yang halus tapi kena.

Lantas, apa hubungannya dengan blog marketing?

Blog marketing bagi saya berarti memanfaatkan blog untuk memasarkan sebuah produk. Cerita-cerita personal dalam blog disisipi sebuah promosi yang tidak terlalu frontal, sehingga kesan promosinya tidak terbaca dengan jelas tapi halus dan tepat sasaran. Konten marketing dalam blog memang harusnya tidak frontal, sehingga para pembaca tidak jengah dengan promosi-promosi berlebihan. Bagi saya pribadi lebih senang mendengarkan orang bercerita atau membaca pengalaman seseorang tentang sebuah produk daripada membaca entah itu selebaran, spanduk, majalah tentang keunggulan produk tertentu.

Produsen pasta gigi yang saya ceritakan di atas tahu bahwa ketika mengadakan acara tersebut, masyarakat secara sadar akan berpikir tentang pemeriksaan, perawatan gigi gratis. Namun, secara tidak sadar masyarakat telah dirasuki alam bawah sadarnya dengan produk pasta gigi. Konten marketing dalam blog pun harusnya demikian, pembaca secara sadar tertarik akan tulisan yang ada di blog, tertarik membaca pengalaman si penulis. Namun, secara tidak sadar unsur-unsur konten marketing di dalamnya akan merasuki pikiran mereka. Sehingga mereka memiliki referensi sebuah produk secara tidak langsung. Kedua hal tersabut bisa terjadi karena dilakukan dengan halus, lembut tapi kena.

Konten marketing dalam blog yang baik :

Keterwakilan Individu

Blog marketing harus bisa memberi kesan mewakili individu sebagai pembaca. Sifat blog yang individual mempengaruhi traffic, kunjungan blog juga spesifik, hanya orang yang memiliki kepentingan yang membacanya. Merasa terwakili dengan tulisan yang ada di blog, pembaca akan larut dalam tulisan. Momen ini yang dimanfaatkan untuk memasarkan sebuah produk atau jasa, sehingga pesan pemasaran pun terlalrut dalam pikiran pembaca.

Ketika seseorang merasa terwakili oleh sesuatu, maka dia akan menjadi pengikut setia. Lihat saja para pengikut calon presiden beberapa waktu lalu, sampai sekarang pun masih ada yang membela calonnya meski telah berlalu cukup lama. Itu semua diawali karena keterwakilan individu.

Menemukan pemecahan masalah.

Dewasa ini, internet semakin menjadi pilihan dalam menemukan pemecahan masalah. Ketika sebuah persoalan tidak terjawab, jari-jemari lincah mengutak-atik smartphone berselancar di dunia maya. Berharap mendapatkan jawaban dari masalah yang tengah dihadapi. Menurut data yang dihimpun oleh We Are Social, pada bulan agustus 2015 pengguna Internet seluruh dunia mencapai angka 3,1 Miliar dari total populasi 7,3 Miliar. Jumlah sebanyak itu tentu saja menjadi peluang yang besar untuk ‘menangkap’ pelanggan.

Blog yang bisa memberikan pemecahan masalah tentu saja akan mempengaruhi pembaca, konten marketing yang tersisip pun akan sampai pada pembaca.

Pic : wearesocial.net
Pic : wearesocial.net
Alternatif Pilihan

Beberapa orang dibingungkan karena tidak memiliki pilihan lain, beberapa orang lainnya dibingungkan karena terjebak antara dua pilihan. Namun, tentu saja lebih baik terjebak di antara dua pilihan karena masih bisa melakukan pertimbangan-pertimbangan tertentu dalam memilih. Bingung ketika tidak memiliki pilihan lain, sama saja tidak memilih.

Tulisan di blog harus bisa menjadi alternatif pilihan bagi pembaca, paling tidak pembaca mendapatkan sebuah referensi lain dari kebiasan mereka. Dengan begitu, pada saat kebingungan dalam menetukan pilihan konten marketing dalm blog akan menjadi pilihan lain bagi si pembaca.

Alam bawah sadar

Blog yang bisa mewakili para pembaca dengan kisah-kisah yang lebih personal, bisa memecahkan masalah, menjadi alternatif akan mempengaruhi alam bawah sadar. Konten marketing dalam blog yang mempengaruhi alam bawah sadar secara otomatis akan menggiring pembaca untuk membeli produk yang dimaksud. Sama seperti saat kita akan membeli air mineral, meski kita ingin membeli air mineral lain tapi entah kenapa kita latah memilih atau paling tidak menyebut satu merek.

Skema Konten marketing Halus tapi kena
Skema Konten marketing Halus tapi kena

Konten marketing yang baik intinya adalah dekat dengan para pembaca, ini penting untung menjaga kepercayaan pembaca. Kepercayaan yang tertanam tentu saja akan merangkul pembaca agar tidak kemana-mana.

Pelaksanaan Blogger Camp beberapa lalu di Makassar saya anggap salah satu contoh blog marketing yang halus tapi kena, puluhan Blogger yang mengikuti kegiatan tersebut menghasilkan puluhan tulisan juga yang tentu saja berisi konten marketing. Strategi ini keyamudian saya katakan berhasil karena setelah membaca tulisan beberapa teman, pesan-pesan marketing tidak terbaca dengan jelas namun tetap berbekas dengan baik. Seperti tulisan oleh Nur Al Marwah Asrul, Sekilas membaca tulisan ini tidak ubahnya membaca tulisan tentang liburan, ketemu dengan teman-teman baru, keseruan Blogger Camp. Pada bagian akhir ditulis dengan apik dan halus berisi konten marketing namun tetap tidak mengurangi esensi dari ‘pengalaman’ penulis. Tulisan tersabut betul-betul halus tapi kena!

 

 

 

 

 

 

 

Iklan